~ Ketika Kelerengku Tetap Hilang ~

Seorang anak laki-laki kehilangan salah satu kelerengnya, dia terus menghitung dan kembali menghitung. Dan ternyata memang benar jumlahnya tidak lagi sama, kelerengnya berkurang satu butir. Dia berusaha mencari dan menemukan, menanyakan kepada seisi rumah kalau-kalau ada diantara mereka yang tahu. Namu hasilnya adalah : "NIHIL", tak satu pun yang tahu.

Anak laki-laki itu mulai berdoa. Dia memohon kepada Tuhan agar dapat menemukan kelerengnya, dia sangat yakin Tuhan akan membantunya. Berhari-hari dia menaikkan doa yang sama. Kondisi demikian awalnya membuat ibunya bangga, memiliki seorang anak yang begitu yakin akan kemahakuasaan Tuhan. Namun lama-kelamaan orang-orang rumah menjadi kuatir apabila kelerengnya benar-benar hilang dan tidak pernah ditemukan, anak itu akan berubah menjadi tidak lagi percaya Tuhan.

Setiap petang ibunya selalu bertanya, apakah kelerengnya kesayangannya sudah ditemukan. Namun jawabannya selalu sama, "belum". Kecemasan keluarga semakin bertambah, hingga akhirnya mereka mendapatkan jawaban mengejutkan dari sang anak.
Waktu itu ibunya bertanya: "Nak, apakah kelerengmu sudah ditemukan?"
Anak laki-laki itu dengan cepat menjawab : "Belum!".
Mendapatkan jawaban singkat itu ibunya kembali bertanya : "Bagaimana jika seandainya kelerengmu benar-benar hilang dan tidak ditemukan kembali?"
Anak laki-laki itu segera menjawab: "Ah, tidak apa-apa, saya sudah mengubah doa saya kok," jawabnya ringan.
Ibunya menjadi semakin cemas: "Lalu...bagaimana bunyi doamu yang sekarang, Nak?"
Anak itu menghentikan memainkan kelereng-kelerengnya dan berkata: "Dulu saya selalu berdoa meminta supaya Tuhan segera mengembalikan kelereng yang hilang, karena saya yakin Tuhan mampu menemukannya, tapi ternyata sampai sekarang kelereng itu tetap hilang. Dan kalau Tuhan tidak bersedia mengembalikannya, maka saya pikir saya harus mengganti isi doa saya." Dia kemudian menarik nafas dalam-dalam dan melanjutkan perkataannya; "Sekarang saya berdoa, supaya Tuhan menolong saya untuk dapat melupakannya."


Dalam kehidupan yang kita jalani selalu ada hal-hal yang dengan mudah kita dapatkan dan miliki, tetapi ada juga hal-hal yang sulit bahkan tidak dapat kita miliki. Kesungguhan untuk mengupayakan memiliki apa yang dapat kita miliki adalah semangat yang indah. Membuat kita terus bergerak dan tetap berkarya, tetapi menjadi lemas dan duduk terkulai ketika kita tidak mampu memiliki apa yang kita ingin miliki bukanlah pilihan bijak dalam hidup kita.

Mendapatkan apa yang kita inginkan adalah kebahagiaan yang patut kita syukuri, tetapi tidak mendapatkan apa yang kita inginkan juga bukan bencana yang perlu kita tangisi terus menerus.

Jika kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita sukai maka mulailah belajar menyukai apa yang sudah kita dapatkan. Hanya dengan cara itulah maka hidup yang kia jalani pada akhirnya akan menjadi serangkaian kebahagiaan. Mendapatkan ataupun tidak mendapatkan itu bukanlah masalah, mengambil ataupun melepaskan juga bukan persoalan. Semua itu hanyalah cara untuk menikmati. Jika kita mengambil maka pertama-tama bukan untuk menambah, dan jika kita melepas juga bukan berarti kehilangan, karena yang menentukan adalah HATI-bagian terdalam dari diri kita. Saat kita memiliki maka kita tidak akan berlebih, dan saat kita melepaskan pun kita tidak akan merugi.

Jadi "ketika kelereng itu tetap hilang", kita tetap dapat bersyukur dan tetap menjalani hidup dengan indah karena masih ada banyak kelereng yang kita miliki. Dan ketika jumlah kelereng itu bertambah maka kita pun tidak akan menjadi sombong dan takabur, karena semuanya adalah anugerah.

-Bahana Agustus 2010-

Penulis : jonathan widodo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ~ Ketika Kelerengku Tetap Hilang ~ ini dipublish oleh jonathan widodo pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan ~ Ketika Kelerengku Tetap Hilang ~
 

0 komentar:

Posting Komentar